Cocok… Perkebunan di Purwakarta Dikelola Sistem Agribisnis

Foto : Perkebunan Teh

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kabupaten Purwakarta fokus melakukan pengembangan sektor perkebunan produktif. Ini dilakukan guna melancarkan program agribisnis di Purwakarta.

Kabid Perkebunan Distanhutbun Purwakarta, Eka Sugriyana menjelaskan, untuk konsep agribisnis, memerlukan penguatan di wilayah sektor perkebunan dan pertanian. Sejauh ini, di Purwakarta cukup mendukung untuk dilakukan pengembangan usaha tersebut.

Baca Juga  Resmi Ditutup, Transaksi WJIS Rp6,5 Triliun

“Kita mempuanyai potensi lahan yang cukup besar di wilayah pertanian dan perkebunan. Semua hasil panen dan produktifitas kebun dan pertanian cukup mendukung,” jelas Eka.

Potensi lahan yang dimaksud, dihasilkan dari perkebunan cengkeh, palawija, kopi dan teh. Untuk lebih memantapkan, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Purwakarta. 

“Di wilayah pertanian dan perkebunan kita dukung. Sejauh ini potensi lahan dan kualitas petani di Purwakarta bisa menjalankan konsepan baru ini,” kata dia.

Baca Juga  Koperasi Purwakarta Mulai Transformasi Digital Menuju Bisnis Modern

Sementara, Kadistanhutbun Purwakarta Wawan Tarsamana Setiawan menambahkan, pihaknya menginginkan dengan adanya industri agribisnis ini bisa mengangkat kesejahteraan para petani. 

“Kita inginnya, kalau pun nanti ada masyarakat petani yang terlibat, jangan sampai merugi. Program ini diharapkan bisa memaksimalkan potensi dari pada yang dimiliki petani,” ungkap Wawan. 

Dengan terlalu banyaknya lahan ditambah jumlah petani yang ada, ini jelas mendukung. Namun, jika tanpa pembinaan dan pelatihan yang matang, semua akan terasa sia-sia saja.

Baca Juga  Warga Depok Serbu Diskon Malam Natal

“Maka dari itu, kami berupaya memberikan pembinaan yang baik bagi para petani yang ada. Karena mereka yang akan terlibat langsung dalam program ini,” pungkas Wawan.(dzi)