Suksesnya Sensus Ekonomi 2016 Bermanfaat bagi Masyarakat dan Pemerintah

Foto : Kepala BPS Kota Sukabumi Dudung Supriyadi, Tujuan Sensus Ekonomi 2016 untuk mengetahui jumlah seluruh pelaku usaha ekonomi dan sebagai landasan kebijakan penyusunan kebijakan pemerintah

SUKABUMI, HeadlineJabar.com
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi Dudung Supriadi mengatakan, sensus ekonomi rencananya akan dilakukan pada 1 Mei 2016 sampai 31 Mei 2016 serentak diseluruh wilayah Indoensia. Sensus ekonomi ini mencakup semua aktivitas ekonomi (kecuali sektor pertanian).

 

“Sensus ekonomi 2016 ini sensus yang ke 5, dimana sebelumnya dilakukan pada awal tahun 1976, kemudian 1986, 1996 dan terkahir di tahun 2006,” ujar Dudung.

Dudung mengatakan ada dua tujuan dari sensus ekonomi ini, pertama tujuan umumnya yaitu, mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan. Sedangkan tujuan khusunya, memberikan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, mengetahui karakteristik usaha di Indonesia dan mengetahui daya saing bisnis di Indoensia.

Hasil dari sensus eknomi itu, lanjut dudung, diantaranya untuk mengetahui jumlah usaha di Indonesia, antisipasi Masyarakat ekonomi Asean (MEA) dan kualitas data ekonomi.

“Dengan outputnya pemetaan potensi (level) ekonomi wilayah menurut industri dan pelaku usaha, karakteristik usaha menurut skala usaha, prospek bisnis dan perencanaan investasi di indonesia, itu diantaranya output dari sensus ekonomi nanti,” terangnya.

Namun dalam sensus ekonomi di tahun 2016, tambah Dudung, selain pihaknya masih melakukan sosialisasi, juga sedang merekrut sekitar 600 petugas sensus nanti, tentu saja sebelumnya akan mendapatkan pelatihan dulu selama 4 hari.

“Kita sebenarnya sudah mempunyai mitra statistik di setiap kecamatan, sehingga tidak akan terlalu sulit dalam memberikan pelatihan nanti,” ujarnya.

Dudung berharap kepada masyarakat, jika saat sensus ekonomi dimulai, semua masyarakat bisa memberikan infromasi yang jujur ketika petugas sedang melakukan sensus, sehingga data yang diperlukan sesuai dengan harapan tidak mengada-ngada.”Kita harapkan semua bisa berjalan dengan baik, serta mendapatkan dukungan dari semua pihak,” harapnya.(rie)