Polisi dan TNI Siap Amankan Pilkades Serentak KBB

Istimewa Polres Cimahi

CIMAHI, HeadlineJabar.com
Aparat kepolisian dan TNI siap melakukan pengamanan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentek di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pilkades serentak di KBB digelar pada 30 Agustus 2015 ini. Desa peserta Pilkades serentak KBB terhitung sebanyak 41 desa tersebar di 14 kecamatan.

Kepolisian Resor (Polres) Cimahi sejauh ini sudah melakukan koordinasi dengan unsur TNI untuk membantu pengamanan setiap tahapan Pilkades serentak KBB.

“Pelibatan kekuatan dalam Pilkades serentak di wilayah KBB sejumlah tiga SSK, terdiri dari enam Satgas yang dibantu unsur TNI dan aparat Pemkab KBB,” kata Kapolres Cimahi AKBP Dedy Kusuma Bakti di Cimahi, belum lama ini.

Personel TNI yang dilibatkan yakni dari jajaran Komando Distrik Militer 0609 dibantu jajaran Koramil yang daerahnya melakasanakan Pilkades serentak.

Seluruh aparat keamanan terkait, kata dia, disebar setiap daerah yang melaksanakan Pilkades serentak yakni 41 desa di 14 kecamatan.

“Kita sudah gelar pasukannya hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2015 dalam rangka pengamanan rangkaian kegiatan Pilkades serentak di 41 desa,” katanya.

Ia menyampaikan, tahapan Pilkades serentak itu sudah mulai dilaksanakan seperti penetapan nomor urut para calon kepala desa 20 Agustus 2015.

Tahapan penting lainnya, kata Kapolres, meliputi masa kampanye 24 hingga 26 Agustus, masa tenang 27 sampai 29 Agustus dan 30 Agustus 2015 hari pelaksanaan pemunguan dan rekap suara.

Pihaknya juga melakukan pengamanan dalam proses pencetakan surat suara di 12 perusahaan percetakan di Kota Bandung dan KBB.

Rencananya 25 Agustus 2015 proses cetak surat suara selesai dan akan didistribusikan ke masing-masing desa dengan pengawalan Polisi.

“Sejauh ini tahapan Pilkades di wilayah hukum Resor Cimahi dalam keadaan kondusif,” tutupnya.(beritasatu/dzi)