Banprov Jabar Untuk Kota Sukabumi Menurun Drastis

Foto : anggaran bantuan yang dikucurkan Provinsi Jabar pada 2016 ini cukup sedikit untuk pemkot Sukabumi.

SUKABUMIheadlinejabar.com

Pemerintah Kota Sukabumi harus gigit jari dengan anggaran bantuan yang dikucurkan Provinsi Jabar pada 2016 ini cukup sedikit, berbeda halnya dengan 2015 lalu.

Kini pemkot hanya menerima bantuan provinsi sekitar Rp30 Miliar saja. “Ya memang tahun ini sedikit, kalau di 2015 lalu kita mendapat sekitar Rp100 Miliar lebih,” ujar Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD), Kostaman, kemarin.

Penyebab dikuranginya anggaran provinsi tersebut, Kostaman tidak mengetahui lebih jelas. Lantaran yang menjadi kewenangan besar atau kecilnya anggaran itu tergantung dari pihak Pemerintah dan DPRD Provinsi Jabar.

“Besarannya berapa, yang terpenting bagi kami anggaran tersebut harus terserap. Berkaitan dengan pembangunan di Kota Sukabumi meskipun kecil tidak terlalu berpengaruh,” jelasnya.

Bantuan provinsi Rp30 Miliar tersebut diperuntukan untuk pembelian lahan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebesar Rp25 Miliar. Sementara sisanya tersebar di beberapa Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD). “Untuk pembangunan rumah sakit, untuk tahun ini tidak ada bantuan dari Provinsi,” katanya.

Sementara untuk anggaran belanja modal di APBD 2016 Kota Sukabumi sekitar Rp200 Miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan infrastuktur, pembeliaan kendaraan, perbaikan jalan dan lainnya.

“Tentu saja anggaran tersebut atas usulan dari musrembang di tahun 2015. Mungkin semua usulan tersebut tidak akan terealisasi tetapi pemkot mengedepankan skala prioritas,” urainya.(rie).