Bupati Purwakarta Lantik Kadiskominfo dan Kadisnakertrans

Pengambilan sumpah atau janji jabatan terhadap dua pejabat pimpinan tinggi pratama dilakukan di Bale Nagri Setda Purwakarta, Jumat (11/3/2022).

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Anne Ratna Mustika melantik dua pejabat eselon II hasil dari seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemkab Purwakarta tahun 2022.

Pengambilan sumpah atau janji jabatan terhadap dua pejabat pimpinan tinggi pratama dilakukan di Bale Nagri Setda Purwakarta, Jumat (11/3/2022).

Dua pejabat eselon II yang dilantik antara lain Rudi Hartono SAP MM sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta dan Didi Garnadi SPd MM sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta.

Panitia Seleksi Terbuka JPT Pratama Pemkab Purwakarta, sebelumnya mengumumkan hasil akhir Seleksi Terbuka JPT Pratama pada Jumat (18/2/2022) lalu melalui situs resmi.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, momentum pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan merupakan sebuah agenda penting dalam pembangunan, sekaligus penyerahan estafet kepemimpinan.

Sebelum memangku jabatan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), dimana setiap PNS yang diangkat menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama wajib dilantik dan diangkat sumpah janji jabatan menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga  Panen Raya Bersama Pelajar, Sekda Purwakarta Fadil Karsoma : Siap Lanjutkan Program Bupati Purwakarta

“Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ini berdasarkan pada Surat Keputusan Bupati Purwakarta Nomor : 821.2/Kep.202-BKPSDM/2022 tanggal 11 Maret 2022 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta,” kata Bupati Anne.

Kedua pejabat eselon II, kata Anne, merupakan kader terbaik yang telah teruji secara kualitatif dalam pelaksanaan tugas di lapangan dan secara kompetitif melalui seleksi terbuka.

Menurut hasil seleksi terbuka, Rudi Hartono yang kini dilantik sebagai Kepala Diskominfo Purwakarta menempati peringkat pertama dengan nilai 76,93.

Didi Garnadi yang dilantik sebagai Kepala Disnakertrans Purwakarta dalam seleksi menempati peringkat pertama dengan nilai 77,04.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Purwakarta, saya mengucapkan selamat bekerja, teriring harapan dan doa, diharapkan pelaksanaan program dan kegiatan di perangkat daerah yang dipimpin kedua pejabat ini dapat berjalan dengan baik, dengan orientasi mewujudkan masyarakat sejahtera menggunakan sumber daya yang dimiliki,” kata Anne.

Baca Juga  Cikao Bandung Purwakarta Kini Tak Terendam Banjir Lagi

Bupati Anne juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta yang telah melaksanakan semua prosedur pengangkatan pejabat pimpinan tinggi pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, sehingga kekosongan jabatan dapat terisi kembali.

“Diharapkan para pejabat yang telah dilantik ini dapat menjalankan peran barunya dengan penuh tanggung jawab sebagai leader, inovator, sekaligus navigator pelaksanaan program yang tangguh dan profesional, serta dapat berkontribusi maksimal dalam pembangunanKabupaten Purwakarta di segala bidang,” kata Anne.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Badan Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta, Deni Gusdian, SST menyampaikan bahwa Bupati Purwakarta telah melantik dua pejabat terpilih hasil seleksi terbuka, dimana sudah diumumkan hasil seleksi terbuka tersebut di link https://bkpsdm.purwakartakab.go.id/.

Baca Juga  Mau Tinggal Sementara di Depok Wajib buat SKTT

Menurutnya, pada setiap jabatan terdapat tiga orang terbaik berdasarkan peringkat, namun yang terpilih hanya satu orang kader terbaik yang menempati peringkat pertama dalam seleksi terbuka tersebut.

“Diharapkan segala tantangan yang akan dihadapi oleh dua pejabat ini dapat berjalan dengan baik,” kata Deni.

Seperti apa yang diharapkan oleh bupati, kata Deni, kedua pejabat yang baru dilantik ini dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab dan mampu menjawab tantangan yang semakin berat didepan.

“Kadiskominfo harus menjalankan perannya sebagai corong pemerintah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat serta meningkatkan infrastruktur informatika. Dan kadisnaker harus memiliki strategi untuk mengatasi pengangguran di masa pandemi Covid-19 serta mampu menjalankan perannya sebagai wakil pemerintah dalam hubungan tripartit,” ujar Deni.

Pelantikan hari ini dihadiri dan disaksikan oleh para pejabat pimpinan tinggi pratama dan para kepala bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.