Disnakan Purwakarta Siap Jadi Penyuplai Ikan Patin Terbesar

Foto: Kepala Disnakan Purwakarta, Heri Herawan

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Purwakarta tahun 2016 mendatang akan menjadi penyuplai ekspor terbesar Ikan air tawar jenis Patin. Selain itu, ribuan hewan ternak seperti Kambing dan Sapi pun akan disediakan Disnakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik lokal maupun luar daerah.

Demikian hal itu diungkapkan Kepala Disnakan Purwakarta, Heri Herawan. Menurut Heri, penyedian ikan patin tersebut dikarenakan pihaknya telah menghimbau kepada para petani ikan agar membudidayakan ikan patin di setiap kolamnya.

“Target kedepan, perhari kita bisa memanen sebanyak 5 ton ikan patin perharinya. Jumlah tersebut selain akan dipasok ke luar purwakarta, juga akan dipasok sejumlah pasar lokal,” terangnya. Ia menambahkan, daerah yang akan menjadi sasaran suplai ikan patin terbesar yaitu DKI Jakarta.

Masih diungkapkan Heri, peluang pasar untuk jenis ikan patin, dorie dan jambal sangat bagus. Disamping itu, jenis ikan tersebut selain tahan dari segala cuaca juga pertumbuhannya sangat cepat dan untuk harga pakannya sendiri terhitung murah.

Oleh karenanya, ia sangat optimis jika kedepan purwakarta akan menjadi kota yang mensuplai iklan terbesar khususnya di Jawa Barat. Dan, diharapkan Heri, guna mencapai target tersebut semua petani ikan yang ada di wilayahnya agar membudidayakan ikan jenis tersebut.

Selain itu, Heri mengungkapkan, adapun penyediaan untuk jenis hewan ternak seperti Kambing dan Sapi selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal dan luar daerah juga untuk para pelajar di Purwakarta.

“Kambing yang akan siapkan nanti yaitu kambing lokal besar jenis Garwa yaitu persilangan antara Garut-Purwakarta. Dan ini merupakan program lanjutan tahun 2015,” ujarnya. Penyediaan atau penggemukan hewan Sapi untuk memenuhi kebutuhan Provinsi DKI Jakarta.

Sedangkan, untuk jenis kambing sendiri guna melengkapi kebutuhan makanan khas seperti Sate Maranggi.(ays)