Rumah Pasangan Renta Dilalap Si Jago Merah

Rumah Pasangan Onah dan Dudung terbakar, Warga Gotong Royong padamkan api

SUKABUMI, HeadlineJabar.com
Dudung dan Onah Pasangan renta warga  Kampung Cileles RT 06/06, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi hanya bisa terkulai lemas, melihat rumahnya sudah habis terbakar pasca dilalap si jago merah, Jum’at (18/9/2015) sekitar pukul 09.00 WIB. Diduga kobaran api berasal dari tungku saat memasak.

Tak diketahui persis kenapa api tersebut menjalar di rumah Dudung dan Onah bersama Anak dan cucunya yang berjumlah delapan orang, saat kejadian Cucunya sedang kesekolah  dan anaknya pergi bekerja., kabarnya Onah sedang memasak menggunakan tungku tersebut, entah mengapa tiba – tiba api membesar ditengah pemukiman padat, dan melalap bagian bawah dan sebuah ruang loteng rumah tersebut.

Beruntung Uu(56) usai bekerja serabutan sebagai pengangkut sampah anak Onah cepat pulang, saat kembali melihat kepulan asap dan langsung bergegas, ternyata kepulan asap dari rumah orang tua dan dirinya tinggal.

Tergopoh-gopoh dia masuk ke dalam rumah yang sudah pekat dengan asap. Dia mendapati Onah, ibunya, sedang kebingungan memadamkan api. 

“Saat itu saya bawa emak ke luar rumah yang sudah penuh dengan asap,” kata Uu. 

Uu menyebutkan saat kejadian rumah memang sepi, hanya ada ibunya. Dudung sendiri saat itu baru saja pulang seusai bekerja sebagai pengangkut sampah. 

“Anak saya atau cucunya ibu sedang bersekolah. Jadi di rumah hanya ada ibu saja,” ujarnya.
Uu tak mengetahui persis kejadiannya. Dia hanya bisa pasrah dengan kejadian yang mengakibatkan bangunan rumah seluas 9×5 meter persegi di lahan sekitar 60 meter persegi itu, terbakar. “Kejadian persisnya saya tak tahu,” tuturnya

Saat kejadian warga tak tinggal diam bergotong royong untuk ikut memadamkan api, karena mobil pemadaman kebakaran sulit memasuki lokasi kejadian, akhirnya warga memanfaatkan kolam sebagai sumber air, akhirnya apipun bisa dipadamkan sekitar 10.00 WIB.(rie)