Terminal Baru Type A Siap Beroperasi April Mendatang

Foto : Suasana Rakor Sekdakota Sukabumi Hanafie Zain bersama steak Holder pembahasan persiapan pengoperasian Terminal Type A di jalan Linsel Kota Sukabumi

SUKABUMI, headlinejabar.com
Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Jawa Barat, tengah mempersiapkan operasionalisasi Terminal Type A. Rencananya pembangunan melalui Dinas Perhubungan dan Bina Marga Kota Sukabumi ditargetkan pada April 2016 bersamaan dengan hari jadi Kota Sukabumi yang ke 102, sudah bisa beroperasi. 

“Rencana pada awal sebelumnya, terminal akan dioperasikan september 2016 mendatang. namun atas usulan, jika di operasikan bulan september ditakutkan terlalu lama dan berimbas pada kondisi bangunan,” jelas Sekretaris Daerah kota Sukabumi Hanafie Zain, usai Rapat Koordinasi lintas sektoral dengan steak holder, berkaitan dengan persiapan dioperasikannya Terminal Type A, dijalan Lingkar Selatan.

Kemarin Terminal baru Type A, seluas 5 Hektar berkapasitas lebih dari 50  armada bus AKDP, AKAP dan angkot ini, Secara infrastruktur berdasarkan hasil rakor dengan steak holder sudah bisa digunakan. Hasil rakor tersebut akan segara dilaporkan ke pak walikota.

“Jadi tinggal menunggu keputusan walikota nanti,” pungkas Hanafie. 

Sementara Plt Kepala Dinas Perhubungan dan Bina Marga Kota Sukabumi Abdul Rachman mengaku, secara bangunan dan infrastruktur lainnya sudah siap dan bisa digunakan

“Hanya saja masih ada yang perlu dilengkapi seperti fasilitas lalu lintas maupun keselamatan. Termasuk pengadaan kios pedagang yang akan kami tampung dari terminal lama (Terminal Sudirman),” jelas Abdul.

Dalam rakor tersbut, selain membahas rencana operasionalisasi terminal, pihaknya juga membahas mengenai pembukaan jalur lingkar selatan serta penertiban PKL di sepanjang jalur lingkar selatan. “Kami tak berharap nantinya jalur lingkar selatan yang baru dipenuhi dengan PKL,” tegasnya.(rie)