Warga Plered Ikuti Pemeriksaan Kaki Gajah

Foto Warga Plered saat Mengikuti Pemeriksaan Kaki Gajah

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com Penyakit Kaki Gajah mulai mengancam kesehatan masyarakat di Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Sudah banyak korban yang mengalami penyakit tersebut. Guna tidak terjadi korban selanjutnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta mengadakan penyuluhan di setiap desa di Kecamatan Plered.

Senisal di Kampung Coblong RT 001 RW 001 Desa palinggihan Kecamatan Plered. Para penyuluh Dinkes Purwakarta melaksanakan pemeriksaan dan sosialisasi bahaya kaki gajah bagi warga sekitar. Program ini terlaksana dengan bantuan kerja sama dengan KKN mahasiswa perguruan tinggi.

Menurut kader penyuluh setempat Nining, ada sekitar 170 kepala keluarga yang ikut penyuluhan. Tidak hanya penyuluhan saja, warga juga diberikan obat pencegah penyakit kaki gajah.

“Ada sekitar 170 KK yang ikut penyuluhan dan diberikan obat pencegahnya,” ungkap Nining, Jumat (9/10/2015) lalu.

Bertempat di Ponpes Ar-Rohmah, warga yang menghadiri penyuluhun tersebut diperiksa terlebih dahulu. Pemeriksanya yaitu dari Petugas Puskesmas Plered.

Petugas Puskesmas setempat Yuni menuturkan, warga yang diberikan obat pencegah hanya yang memiliki kesehatan yang baik.

“Yang bisa minum obat pencegah hanya yang memiliki kesehatan yang baik. Tidak sedang sakit, tidak memiliki darah tinggi,” tuturnya.

Salah seorang warga yang ikut penyuluhan, Dodi Mulyana (35) mengatakan bahwa adanya penyuluhan ini semoga bisa mencegah bahkan bisa memusnahkan penyebab Penyakit kaki Gajah di Kampung Coblong.

“Semoga dengan adanya penyuluhan ini, warga terhindar dari penyakit kaki gajah dan semoga yang menyebabkan penyakit tersebut bisa musnah,” harapnya.(aga)