Disnakersostrans Data 23 Warga Purwakarta Sempat Jadi Anggota Gafatar

Foto : Ilustrasi Bendera Gafatar. Sumber, istimewa

PURWAKARTA, headlinejabar.com
Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Kabupaten Purwakarta membenarkan terdapat 23 warga Purwakarta yang pernah menjadi anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Semuanya dipulangkan dari Kalimantan.

Dinas Sosial Purwakarta baru mengetahui keberadaan mereka pada 31 Januari 2016. Awal pekan ini, Dinas Sosial Purwakarta telah menyambangi ke-23 orang itu di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

“Setelah dicek, data formalnya memang warga Purwakarta. Tapi, setelah dicek, dua kepala keluarga (KK) beranggotakan sebanyak 11 orang sudah pindah ke Subang dan satu KK lagi sudah pindah ke Singkawang, Kalimantan Barat,” ujar Kepala Bidang Sosial Disnakersostrans Purwakarta, Yana di kantornya, Rabu (3/2/2016).

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukctapil) Purwakarta terkait identitas kependudukan ke-23 orang ini.

“Hasilnya ya seperti itu, Disdukcatpil sudah pernah mengeluarkan surat keterangan pindah atas dua KK tadi. Dan sisanya tidak terdata,” ujar Yana.

Selanjutnya, kata dia, pemerintah belum bisa bersikap banyak terkait 23 orang itu. Meskipun, dalam data pemerintah pusat, ke-23 orang itu berdomisili di Purwakarta.

“Soal nanti mereka bagaimana, kami tunggu sikap dari Bupati Purwakarta dan keputusan lanjut dari pemerintah pusat,” ujarnya.(tribun/red)