Ade Komarudin Dilantik Jadi Ketua DPR 11 Januari 2016

Foto : (int) Ade Komarudin

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Ketua Fraksi Partai Golongan Karya Ade Komarudin resmi ditunjuk sebagai pengganti Setya Novanto untuk jabatan ketua Dewan Perwakilan Rakyat. Direncanakan, pelantikan terhadap Ade akan digelar pada masa sidang 2016.

“Pelantikan untuk ketua baru pada masa sidang yang akan datang. Masa sidang berikutnya akan dimulai pada 11 Januari,” ujar Pelaksana Tugas Ketua DPR Fadli Zon.

Pergantian pimpinan DPR tersebut dilakukan setelah adanya surat pengunduran diri dari Setya Novanto kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Surat ini diberikan ketika MKD tengah akan memutuskan ada tidaknya pelanggaran etik yang dilakukan Novanto.

Atas pengunduran itu, untuk sementara, jabatan ketua DPR kini dilimpahkan kepada Fadli Zon, hingga masuk masa sidang DPR untuk pelantikan Ade Komarudin.

Ketua Umum partai Golkar, Aburizal Bakrie usai memberikan dukungan bagi Ade Komarudin sebagai pengganti Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI. Saat ditemui di Gedung DPR RI, Jumat 17 Desember 2015, Ade, yang saat ini masih menjabat ketua fraksi partai Golkar di DPR enggan berkomentar soal kepastian pengangkatannya sebagai Ketua DPR RI.(int/ays)