Profil  

Geulis – Kasep, Kota Bandung Punya Ako dan Amoi Hakka 2016

Foto : Kevin Reinaldo (kanan) dan Maria Inez Sanchia (kiri) keduanya terpilih sebagai Ako dan Amoi Hakka Bandung baru tahun 2016. Sumber, istimewa

BANDUNG, headlinejabar.com

Kota Bandung kini mempunyai Ako dan Amoi Hakka Bandung baru tahun 2016. Ako dan Amoi Hakka Bandung tersebut antara lain Kevin Reinaldo dan Maria Inez Sanchia. Keduanya terpilih sebagai Ako dan Amoi Hakka Bandung 2016 dalam Pemilihan Hakka Ako dan Amoi Bandung 2016 di Gedung Yayasan Harapan Kasih, Mekarwangi, Kota Bandung, Rabu (9/3/2016) malam.

Baca Juga  Kades Ampih Ketakutan Saat Dilantik di Sungai Citarum

Mereka menyisihkan 20 finalis lainnya dan berhak mewakili Jawa Barat dalam Pemilihan Ako dan Amoi tingkat nasional di Yogyakarta 24-27 Maret 2016 nanti.

Pemilihan Hakka Ako dan Amoi adalah sebuah kontes yang digelar Hakka Indonesia, komunitas Tionghoa yang terkenal dengan kesuksesan mereka dalam berbagai bidang, terutama bidang usaha. Saat ini, terdapat 19 cabang Hakka di seluruh Indonesia. Pemilihan Hakka Ako dan Amoi tingkat nasional nanti akan memilih sepasang ako dan amoi terbaik untuk dikirim pada kontes serupa di Xin Hua, Tiongkok.

Baca Juga  Tetap Geluti Aktivitas Sosial di Tengah Kesibukan

Persaingan pada babak final tergolong berat karena ketatnya nilai perolehan yang ketat dari dewan juri. Meskipun demikian, Kevin dan Maria mampu menunjukkan kemampuan mereka secara optimal hingga mendapat dinilai layak mewakili Bandung (juga Jawa Barat, red) menuju pemilihan tingkat nasional nanti.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Hakka Ako dan Amoi Bandung 2016, Lenny Hastuti, sebanyak 22 orang finalis terpilih dari 93 peserta yang ikut seleksi. Selain dinilai dari penampilan fisik, mereka juga ditantang untuk menampilkan talentanya serta kemampuan berbicara di depan publik.

Baca Juga  Arisan PHP Bukan Sekedar Arisan

Sementara Ketua Pemilihan Hakka Indonesia, Edy Kusumah, mengatakan bahwa pemilihan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya Hakka di tengah generasi muda. Ia berharap, generasi muda tetap dapat berpegang pada semangat leluhur dalam bersikap dan berperilaku hingga siap dalam persaingan global.

Pemilihan semalam dihadiri sejumlah tokoh Tionghoa Bandung. Tak hanya itu, Puteri Indonesia Jawa Barat 2016, Evan Lysandra, juga hadir sebagai salah satu juri.(prlm/dzi)