Wow… Ada Guci Terbang di Purwakarta

Foto : Guci ‘terbang’ itu tepatnya berada di pertigaan Jalan Basuki Rahmat – Jalan LL RE Martadinata – Jalan Kapten Halim Purwakarta, Jawa Barat. Sumber, istimewa

BELAKANGAN ini nama Kabupaten Purwakarta tengah hangat diperbicangkan lantaran pesatnya pembangunan yang mengedepankan unsur budaya dan tradisional khas sunda. Seperti halnya sebuah bangunan berbentuk monumen guci ‘terbang’ yang berada di tengah pusat kota.

Guci ‘terbang’ itu tepatnya berada di pertigaan Jalan Basuki Rahmat – Jalan LL RE Martadinata – Jalan Kapten Halim. Disebut Guci ‘Terbang’ karena bangunan yang berada di taman berbentuk segitiga itu memperlihatkan dua buah guci yang satu berkukuran besar dan berukuran kecil.

Terlihat guci berukuran besar tengah menampung air yang dikeluarkan oleg guci kecil yang seolah melayang mengeluarkan air cukup deras. Tapi jangan dikira ini guci terbang beneran. Guci kecil itu bisa melayang ternyata ditopang oleh sebuah tiang berwarna gelap yang jika dialiri air dengan volume cukup deras akan tersamarkan sehinga tak begitu terlihat.

Untuk menemukan monumen ini cukup mudah karena berada di pusat kota Kabupaten Purwakarta. Bagi yang dari luar kota Purwakarta, cukup ambil jalur keluar melalui Gerbang Tol Jatiluhur atau pun Gerbang Tol Sadang. Dari dua arah gerbang tol itu masyarakat tinggal lurus menuju pusat kota.

Letaknya yang stategis pun terkadang menjadi patokan bagi masyarakat yang ingin berwisata ke Kabupaten Purwakarta seperti ke Taman Air Mancur Sri Baduga di Situ Buleud, Waduk Jatiluhur, atau pun Situ Wanayasa.

Penasaran dengan keberadaan Guci ‘Terbang’ di Purwakarta? Datang langsung dan jangan lupa selfie tanpa harus merusak tanaman yang berada di sekitarnya.(detik/red)