Asyiiik… Akan Ada Trans Studio Mini di Purwakarta

Foto : Berbagai wahana mengasyikan di Trans Studio Bandung. Kini direncanakan Trans Studio Mini juga bakalan hadir di Purwakarta. Sumber, istimewa

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dari sumberĀ wikipedia.org Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu di Kota Bandung, Jawa Barat. Trans Studio Bandung terletak tepatnya di area Bandung Supermal. Trans Studio dibangun pada areal seluas 4,2 hektare dengan investasi mencapai Rp2 triliun. Sehingga tak aneh, biaya sebesar itu menjadikannya sebagai kawasan hiburan terluas dan terlengkap di Bandung.

Terdapat banyak wahana yang ditawarkan Trans Studio Bandung. Khususnya destinasi wisata petualangan dan sensasi baru yang tidak kalah menantang seperti pendahulunya yaitu Trans Studio Resort Makassar yang mulai dibuka pada tahun 2008. Trans Studio Bandung dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2011.

Nah, bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, kedepan tidak mesti jauh-jauh pergi ke Bandung hanya untuk sekedar mengunjungi Trans Studio Bandung. Sebab, Transcorp akan melengkapi destinasi pariwisata modern di Kota Purwakarta, dengan membangun Trans Studio Mini. Seperti apa Trans Studio Mini Purwakarta yang akan menjadi kebanggaan baru masyarakat Purwakarta?

Kalau kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, ia sudah bertemu langsung dengan bos Transcorps, Chairul Tanjung, di Jakarta, beberapa pekan kebelakang. Kang Dedi memang serius menghadirkan Trans Studio Mini di Purwakarta untuk kesenangan dan kebanggaan warganya.

“Sudah firm, makanya saya berani memastikan rencana itu,” kata Kang Dedi memastikan, seperti disampaikan baru-baru ini.

Menurut Kang Dedi, CT sapaan akrab Chairul itu, sangat tertarik dengan perkembangan pariwisata di Purwakarta. Terutama setelah memiliki destinasi baru Taman Sri Baduga Maharaja Situ Buleud dengan ikon Air Mancur Berjoget yang berada di jantung Kota Purwakarta.

Groundbreaking pembangunan Trans Studio Mini di Purwakarta tersebut akan dilakukan medio Mei – Juni 2016, saat musim hujan sudah berganti ke musim kemarau. “Dan diharapkan tuntas akhir tahun, sehingga awal tahun 2017 sudah bisa dioperasikan,” papar Dedi.

Bakal lokasi pembangunan Trans Studio Mini Purwakarta yang akan memiliki luas dua hektare tersebut, ditempatkan di Jalan Ipik Gandamanah. Kehadiran destinasi wisata modern tersebut dipastikan akan menggenjot kunjungan wisatawan lokal, regional, nasional, dan internasional ke Purwakarta.

“Para pelancong seputar Jabodetabek, Karawang, Subang, Cirebon, Indramayu, dan Kuningan, tidak usah datang ke Bandung lagi kalau mau berkunjung ke Trans Studio. Cukup datang ke Purwakarta saja,” demikian Kang Dedi menuturkan.

Makanya, Dedi optimistis mentahbiskan Purwakarta sebagai daerah kunjungan wisata potensial bukan saja di Jawa Barat, melainkan di Indonesia. Termasuk target kunjungan wisata tiga juta pelancong yang mulai dicanangkan tahun ini, juga optimistis akan tercapai.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Dishubparpostel) Kabupaten Purwakarta, Asep Supriyatna mengatakan, kehadiran Trans Studio Mini di daerahnya akan melengkapi destinasi wisata unggulan tak terkecuali Air Mancur Berjoget Taman Sri Baduga. Juga Situ Wanayasa yang terkenal dengan ikon alam eksotisnya dan Masjid Raya Cilodong dengan area taman balkisnya yang mempesona yang segera dibangun dengan dana Rp125 miliar.

Belum lagi wisata kuliner khas makanan tradisional Purwakarta dan khas Sunda yang sudah rutin digelar saban malam libur akhir pekan di Jalan Kolonel Kornel Singawinata, juga menjadi daya betot wisatawan yang potensial.

“Saat ini, jumlah kunjungan wisata ke sejumlah destinasi yang ada mencapai 200 ribu orang setiap pekannya,” ujar Asep.(ist/dzi)