Libur Panjang, Kawasan Wisata Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta Padat

PURWAKARTA, headlinejabar.com
Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dipadati pengunjung selama momentum libur panjang pekan ini. Pengunjung berdatangan bukan hanya dari dalam Purwakarta, melainkan dari mayoritas daerah yang ada di Jawa Barat. Bahkan, pnegunjung domestik luar provinsi juga terpantau menghabiskan libur panjangnya di kawasan wisata air mancur terbesar se-Asia Tenggara ini.
Kalender merah mulai Jumat (25/3/2016) sampai Minggu (27/3/2016) banyak dimanfaatkan oleh warga masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama kelurga. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta rupanya menjadi prioritas destinasi wisata nasional. 
Sebagaimana terlihat pada Sabtu (26/3/2016) malam, terjadi lonjakan signifikan jumlah pengunjung Situ Buleud Purwakarta. Data Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi (Dishubparpostel) Purwakarta, seluruh kamar hotel di Purwakarta sudah full book sejak hari Jumat (25/3/2016) dipesan para wisatawan.
Kepadatan pengunjung juga dapat dilihat dari simpul-simpul parkir yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, over load bahkan terjadi kemacetan di ruas Jalan RE Martadinata dan Jalan Jenderal Sudirman.
Kepala Bidang Pariwisata Dishubparpostel Purwakarta Asep Supriatna menuturkan, pihaknya telah mengantisipasi lonjakan pengunjung ini jauh-jauh hari dengan memperbanyak Tourist Information dibeberapa titik sehingga memudahkan wisatawan untuk menjangkau tempat wisata yang diinginkan.
“Karena kami yakin sekali wisatawan yang datang itu bukan hanya ingin ke Taman Sri Baduga, tetapi memiliki pilihan tempat wisata lain, tentu Taman Sri Baduga yang paling utama,” kata Asep saat dihubungi Sabtu (26/3/2016).
Salah satu pengunjung Taman Sri Baduga, Tuti (32) mengaku sengaja datang bersama keluarga besarnya dari Ciamis Jawa Barat, khusus untuk melihat air mancur yang sering ia lihat melalui postingan sosial media Facebook.
“Awalnya lihat dari postingan Facebook Kang Dedi Mulyadi, terus jadi penasaran, apa iya air mancurnya besar, ternyata pas melihat langsung lebih keren dari video di Facebook,” kata Tuti sumringah.
Kesiapan pihak penyelenggara menyikapi lonjakan pengunjung juga terlihat dari kesigapan aparat Satuan Polisi Pamong Praja dilapangan, sempat terjadi aksi saling dorong karena pengunjung berebut memasuki pintu timur Taman Sri Baduga agar mendapatkan giliran pertama. 
“Antusiasme nya luar biasa ini lebih sesak daripada biasanya,” papar Aulia, Kabid Trantibum Satpol PP Purwakarta.
Seperti telah diberitakan sebelumnya dalam rilis yang dikirim oleh Humas Pemerintah Kabupaten Purwakarta bahwa Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menargetkan tiga juta wisatawan Tahun 2016 ini. Bagi Dedi target ini sangat rasional untuk dikejar mengingat Purwakarta memiliki banyak varian pilihan wisata, mulai dari air mancur, wisata alam hingga kuliner.(dzi)