Pemkab Purwakarta Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Keluarga Berencana

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Di Kabupaten Purwakarta, Tim Penggerak Desa (TPD) Bidang Keluarga Berencana (KB) atau penyuluh KB berganti nama menjadi Galuh Kencana Purwakarta (GPK).

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Keluarga Berencana (KB) di Bale Kahuripan, Kecamatan Wanayasa, Selasa 25 Januari 2022.

Menurut Ambu Anne, GPK adalah tenaga penyuluh KB yang sebelumnya berjumlah 66 orang, kini menjadi 84 orang. Ada penambahan 18 orang. Diharapkan GPK ini pergerakannya bisa maksimal dalam upaya peningkatan cakupan KBM. Karena para penyuluh tersebut secara individu sudah punya pengalaman yang  mumpuni.

Baca Juga  Walikota Depok Yakin Mutasi tidak Langgar Undang-Undang

“Para penyuluh tersebut diberikan honorarium dari APBD Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB). Dan 84 orang inilah yang nanti akan menjadi penggerak untuk sosialisasi program Keluarga Berencana di masyarakat,” kata Ambu Anne.

Ia juga mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan oleh Kepala DPPKB Purwakarta dan seluruh jajaran karena telah mencetak kader yang mempunyai kemampuan di bidang KB. “Alhamdulillah, hari ini GPK sudah menjadi keluarga besar tenaga penyuluh Keluarga Berencana di  Kabupaten Purwakarta,” kata Anne.(dik)

Baca Juga  Cek PBB Melalui Aplikasi Siceupol