Syahid Joban : Pembakaran Patung Hal Wajar dan Patut Diapresiasi

Foto : Penampakan Patung Arjuna hangus terbakar di areal Situ Wanayasa Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pimpinan jemaah Manhajus Solihin, Pasar Rebo Purwakarta, Syahid Joban mengatakan pelaku pembakaran patung Arjuna, di Situ Wanayasa Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat adalah hal yang wajar.

“Pelaku pembakar patung patut diapresiasi karena dia melaksanakan amar maruf nahi munkar,” ujar Joban, Kamis (11/2/2016).

Selama ini, lembaga dakwahnya konsisten mengkritisi keberadaan patung di Purwakarta yang diyakini menyalahi syariat agama. Pihaknya juga menganggap wajar patung Arjuna itu dibakar.

“Aksi pembakaran patung itu wajar karena Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tidak menggubris himbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang meminta penghentian pembangunan patung dan membongkar patung yang menyalahi syariat,” ujarnya.Ia mengaku memiliki dokumen resmi rekomendasi dari MUI Purwakarta, Jawa Barat dan pusat terkait hal ini.

“MUI pusat, Jabar dan Purwakarta sudah merekomendasikan penghentian patung, tapi tidak digubris. Itu penyebab kenapa patung dibakar, sebab dan akibatnya ada,” kata dia.Meski begitu, Joban menegaskan tidak mengetahui siapa pelaku pembakaran patung Arjuna setinggi 5 meter pada Kamis (11/2/2016) dini hari itu.

“Kami tidak tahu pelakunya siapa. Yang pasti, ana tidak bisa menyalahkan si pembakar karena itu merupakan aksi kegelisahan umat. Lalu secara kelembagaan saya tidak mengintruksikan jemaah saya untuk membakar patung,” ujar dia.(trb/red)