Tim Jibom Temukan Kuburan Senjata Api Kuno

Foto : Detasemen Gegana Polda Jabar kembali menemukan kuburan yang berisi senjata kuno

SUKABUMI, headlinejabar.com
Hasil penyisiran hari kedua, tim unit penjinak bom dari Detasemen Gegana Polda Jabar kembali menemukan kuburan yang berisi senjata kuno. Kuburan senjata, yang berlokasi tak jauh dari areal gudang yang tadi malam ditemukan.

Di dalamnya berisi senjata 160 pucuk senjata, 8 pucuk senjata genggam dan dua mortir yang sudah tidak aktif. “Dari hasil penyisiran kita dapatkan kuburan yang berisi ratusan pucuk senjata,” jelas kepala Detasemen Gegana Unit Jibom AKBP Widodo di lokasi penemuan, Minggu (17/01/2016).

Dengan alat detektor, kuburan senjata kuno hampir 30 tahun lebih akhirnya terdeteksi. Setelah ditemukan titiknya polisi langsung melakukan penggalian. Menurut Sanen (65) warga setempat, dirinya ikut dalam penimbunan senjata tersebut, pada tahun 1988 lalu.

“Senjata tersebut hasil razia sapu jagat pada 1984 secara serentak dilakukan di seluruh nusantara,” terangnya.

Pria pensiunan veteran polisi ini dulu bertugas di intel kepolisian, pensiun pada 2013 lalu. Dirinya bersama 3 rekannya mengaku, menguburkan senjata di kolam miliknya selebar 3 meter dengan kedalaman lebih satu meter. Itupun atas perintah Kapolres pada masa itu.(rie)