Jabar  

Walkot Sukabumi Harapkan Semua Wartawan Ikut UKW


Foto : Walikota HM Muraz  mengharapkan wartwan yang bertugas dilingkungan Pemkot Sukabumi bisa mengikuti UKW.

SUKABUMIheadlineJabar.com

Walikota (Walkot) Sukabumi HM Muraz mendukung sekali upaya (Persatuan Wartawan Indonesia) PWI Kota Sukabumi, untuk menyelenggarakan Uji Kompentensi Wartawan (UKW) untuk para Anggotanya. Karena dengan kompetensi yang bersertifikat dari Dewan Pers, wartawan itu terbukti sudah kompeten dan tahu bagaimana menjalankan fungsinya.

Baca Juga  Ini Pesan Wakil Bupati Bogor Terhadap CPNSD

“karena menurutnya wartawan yang belum teruji secara kompetensi belumlah disebut wartawan. Apalagi saat ini banyak wartawan yang berkeliaran hanya berbekal kartu pers saja. Dengan UKW bisa lebih ditertibkan lagi,“ Beber Muraz, Usai membuka kegiatan UKW yang dilaksanakan PWI Kota Sukabumi, di Jalan Veteran, Gedung Juang 45. Kemarin.

Muraz mengharapkan dengan adanya ujian UKW ini, seluruh wartawan yang ada di Kota Sukabumi bisa mengikutinya. Wartawan itu setelah lulus kompeten, tentunya akan faham tentang UU 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik selaku landasan seorang jurnalis.

Baca Juga  Satgas Citarum Harum Gempur Eceng Gondong di Perairan Waduk Jatiluhur

“ Kalo masih ada wartawan yang rada – rada ngaco diluar sana, berarti belum kompeten dan belum faham dua hal tadi,” tegas Muraz.

Muraz berpesan, Wartawan mempunya 3 fungsi bagaimana menyampaikan informasi secara benar dan bisa mencerdaskan masyarakat, menyajikan hiburan melalui karyanya dan menjalankan fungsi sosial kontrolnya dengan baik sesuai dengan UU yang berlaku. diantaranya harus berimbang dalam penyajian berita. (rir)

Baca Juga  Kegiatan Murni Belum Terserap, Diakomodir dalam APBD Perubahan