Datang dan Saksikan Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga 5 & 12 Agustus 2023, Gratis!

Air mancur Sri Baduga. (Instagram @anneratna82)

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, memastikan pertunjukan Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud) jadi dilaksanakan pada 5 dan 12 Agustus 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Norman Nugraha memastikan, tiket untuk masuk ke area Taman Air Mancur Sri Baduga gratis alias tidak dipungut biaya.

“Untuk masuknya gratis ya. Karena Taman Air Mancur Sri Baduga ini merupakan fasilitas wisata milik Pemkab Purwakarta yang manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis,” ujar Norman, Jumat 28 Juli 2023.

Baca Juga  Panenjoan Purwakarta, Wisata Instagramable

Meski begitu, calon pengunjung harus gerak cepat saat memesan tiket masuk. Sebab, jumlahnya terbatas.

“Kami menggelar pertunjukan air mancur sebanyak dua season. Perseasonnya, diperuntukkan bagi 5.000 pengunjung. Jadi dua season untuk 10.000 pengunjung,” kata Norman.

Pemkab Purwakarta akan menyiapkan platform digital untuk memesan tiket pertunjukan Taman Air Mancur Sri Baduga. Selain itu, tersedia tiket-tiket box yang nantinya akan diinformasikan kemudian.

Baca Juga  Indofest 2023 Pamerkan Program Wisata Jatiluhur Istimewa

“Awalnya pertunjukan air mancur akan digelar pada 22 Juli, namun batal karena ketersediaan debit air tidak mencukupi. Sekarang debit air di Situ Buleud cukup dan air mancur bisa kita operasikan,” kata Norman.

Pemkab Purwakarta sendiri sudah melakukan uji coba pengoperasian air mancur Sri Baduga pada Kamis 27 Juli 2023 malam kemarin. Hasilnya kondisi air mancur Sri Baduga dalam kondisi baik.

Baca Juga  Hari Jadi Purwakarta Ditengah Pandemi Covid-19

“Peralatan penunjang sudah siap. Air juga sudah mencukupi,” kata Sekda Norman.

Alasan mengapa pertunjukan air mancur dibagi ke dalam dua seasion, dikarenakan ketersediaan bangku penonton yang terbatas.

“Termasuk mengapa kami berlakukan tiket masuk, karena untuk kenyamanan pengunjung sendiri. Kalau tanpa tiket, nanti pengunjungnya bisa melebihi kapasitas,” ucap dia.