Purwakarta Target Dikunjungi 3 Juta Wisatawan

Foto : Fenomena baru Purwakarta sebagai destinasi wisata ini tidak lain karena Taman Air Mancur Sri Baduga yang menjadi ikon pariwisata Purwakarta selaku kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat

PURWAKARTAheadlinejabar.com

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta, Jawa Barat, terus meningkat, menurut data Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi (Dishubparpostel) terdapat 20 ribu wisatawan baik asing maupun domestik yang berkunjung ke Purwakarta setiap minggunya. Fenomena baru Purwakarta sebagai destinasi wisata ini tidak lain karena Taman Air Mancur Sri Baduga yang menjadi ikon pariwisata kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat setelah Kabupaten Pangandaran ini.

Menanggapi membludaknya jumlah wisatawan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, semakin banyak wisatawan yang datang ke Purwakarta, roda perputaran ekonomi akan semakin kencang berjalan sebab terjadi arus perputaran uang yang begitu massif dan berimplikasi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Purwakarta. 

“Ya bagus kan nanti wisatawan bisa jajan dan menghabiskan uang di Purwakarta, ini positif untuk perekonomian,” kata Bupati Dedi Mulyadi di Purwakarta, Jumat (26/2/2016). 

Dedi pun berujar tentang wisata kuliner yang menjadi salah satu andalan kabupaten Purwakarta, Ia mengatakan total omset setiap minggu para pedagang di wisata kuliner “Tjeplak” Gedung Kembar dapat mencapai Rp120 juta setiap malam Minggu. 

“Coba bayangkan dalam satu bulan mereka empat kali membuka lapak dagangannya, nah dari sini bisa lahir ekonomi kreatif,” kata Dedi. 

Saat disinggung tentang target wisatawan yang berkunjung kabupaten Purwakarta tahun ini, Bupati yang akrab disapa Kang Dedi ini dengan mantap mengatakan pemerintah daerahnya telah membuat analisa target, dari analisa tersebut didapat jumlah tiga juta orang wisatawan diproyeksikan akan berkunjung ke Purwakarta tahun ini. 

“Target tiga juga orang wisatawan saya kira bukan target yang muluk, sudah kami hitung dan jumlah tiga juta sangat rasional”. Kata Dedi.

Pihak bidang pariwisata ketika dikonfirmasi mengatarakan target tiga juta wisatawan ini memang sudah menjadi proyeksi utama, dalam rangka memenuhi target ini, Kabid Pariwisata Asep Supriatna mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengadaan fasilitas penunjang kepariwisataan baik secara suprastruktur maupun infrastruktur. 

“Tourist information sudah kami sebar dibeberapa titik di Purwakarta, itu salah satu ikhtiar kami memberikan pelayanan kepada wisatawan, ke depan akan kami siapkan juga fasilitas penunjang lain agar ada kesan nyaman bagi siapapun yang berkunjung ke Purwakarta,” kata Asep.(jem/dzi)