Kades Sukatani Purwakarta Bungkam Terkait Penebangan Pohon Jati di Wilayahnya

Foto: Penebangan pohon jati di Sukatani, Purwakarta yang  dihentikan kepolisian, Kamis (17/3/2016)

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Kepala Desa (Kades) Sukatani Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, bungkam terkait penebangan pohon jati di lahan Sampalan di wilayahnya. Pasalnya, kegiatan penebangan pohon dilakukan pihak ketiga (bukan pihak desa) tersebut dihentikan pihak kepolisian Polsek Sukatani karena adanya laporan warga.

Seperti diberitakan sebelumnya, aktivitas penebangan pohon jati yang dilakukan pada Kamis (17/3/2016) di lokasi tersebut dihentikan pihak kepolsian desa setempat. Dan, sejumlah batang yang berhasil ditebang diamankan beserta alat potongnya di Kantor Polsek Sukatani.

Ketika hendak dikonfirmasi, Kepala Desa Sukatani, Asep Supena tak berada di kantor, bahkan setelah dihubungi melalui telepon selulernya, ia tak memberikan keterangan terkait penebangan pohon jati. “Saya masih berada di luar kota, nanti saya hubungi,” singkat Kades Asep, saat dihubungi headlinejabar.com, Jumat (18/3/2016).

Sementara, berdasarkan informasi yang dihimpun headlinejabar.com, penghentian aktivitas penebangan pohon jati tersebut lantaran adanya aduan dari masyarakat yang mensinyalir penebangan pohon tersebut tak mengantongi izin.

Sementara, pihak pengelola atau penebang membantah hal tersebut. Sebab, mereka (pengelola) sudah mendapatkan surat keterangan pengelolaan atau garapan dari pihak desa. Dan, dalam surat tersebut disebutkan pihak pengelola mendapatkan hak untuk melakukan peremajaan di lahan tersebut.(jem/dzi)