Gunung Lembu Tawarkan Keindahan Alam yang Patut Untuk Dicoba

Foto : Pemandangan di puncak Gunung Lembu, menawarkan pesona keindahan waduk jatiluhur. Sumber, istimewa.

Purwakarta, headlinejabar.com

Mendaki gunung bisa menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan untuk traveler di akhir pekan. Apabila belum punya rencana, maka ada Gunung Lembu di Purwakarta yang bisa dicoba. Pemandangan dari atasnya indah lho!

Jawa Barat mungkin bisa menjadi destinasi para traveller untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Dari mulai kuliner dan beragam destinasi unik bisa menjadi pilihan. Salah satunya berkunjunglah ke Purwakarta, kota yang terletak diantara perbatasan Cianjur dan Karawang ini, menawarkan banyak pesona alam yang patut untuk dicoba.

Salah satunya adalah Gunung Lembu. Gunung yang terletak di desa Panyindangan, kecamatan Sukatani ini, mulai menjadi primadona di kalangan pendaki. Selain menawarkan pesona pemandangan Waduk Jatiluhur, kita juga bisa melihat eksotisme Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang berdampingan.

Perjalanan menuju wisata Gunung Lembu bisa diakses melalui perjalanan darat kereta Api. Kita bisa memilih perjalanan di pagi dan siang hari dari stasiun Jakarta Kota menuju stasiun Purwakarta. harga tiketnya pun sangat bersahabat, jika naik kereta Serayu Pagi sebesar Rp 70.000 dengan waktu tempuh 1-2 jam, dan jika naik kereta lokal hanya Rp 3.000 dengan waktu tempuh yang relatif lebih lama yakni 2,5-4 jam.

Sesampainya di Purwakarta, Karena masih minimnya trayek angkutan umum menuju desa Panyindangan, kita bisa menyewa pick up untuk sampai basecamp titik pendakian terdekat. sesampainya di basecamp kita bisa mendaftarkan diri untuk izin pendakian, dan asyiknya tanpa dikenakan biaya simaksi. Hanya disarankan untuk menanam bibit pohon sebagai sosialisasi penghijauan hutan di Gunung Lembu.

Perjalanan menuju Puncaknya memakan waktu cukup variatif, antara 2-4 jam tergantung kondisi fisik dan kondisi lapangan, Trek yang ditawarkan cukup menantang. Kontur dengan dominasi tanah merah dan deretan pohon bambu jadi pemandangan yang tersaji di awal pendakian. Jangan tertipu dengan ketinggiannya yang kurang dari 1.000 mdpl, karena jalur yang dilewati cukup terjal, ditambah apabila pendakian dilakukan pada saat hujan, jalanan sangat licin dan menguras tenaga.

Kondisi jalur sebelum puncak juga cukup menyita fokus dan perhatian,karena kanan dan kirinya terdapat jurang. Namun jangan khawatir, karena jalur alamnya sudah dikelola dengan baik. Mulai dari papan peringatan, tanda di setiap pos yang memudahkan dalam orientasi jalur, dan bambu pengaman yang dipasang di titik jalur-jalur yang sulit. Semuanya akan memberikan Anda rasa aman saat mendaki gunung Lembu

Pemandangan di Puncak Batu Lembu tersaji sangat indah, membuka hari melihat elok sang mentari jadi kegiatan kami di puncak. Banyak pendaki yang memanfaatkan momen tersebut dengan berfoto bersama, layak dicoba untuk para traveler untuk mengisi akhir pekan yang ceria. Dengan biaya yang relatif minim tapi kepuasannya maksimal, gunung Lembu layak untuk jadi pilihan.(detik/red)